18 Januari 2016

Kenapa Doa Tidak Dikabulkan?

Kenapa Doa Tidak Dikabulkan?

Sebenarnya bahasa yang lebih halus adalah kenapa Allah menunda do'a kita? Dan sedemikian lamanya Allah menunda dan sedemikian banyak pula do'a yang tertunda akhirnya kita mengambil kesimpulan bahwa Allah menolak do'a kita. Sebelum berburuk sangka kepada Allah alangkah baiknya kita instropeksi diri, kira-kira apa yang menyebabkan Allah tidak mengabulkan do'a kita :

Rasulullah SAW bersabda:

Tidaklah seorang muslim berdo’a dengan sesuatu yang bukan untuk suatu dosa atau memutuskan silaturrahmi melainkan pasti Allah akan memberikan salah satu dari tiga hal yaitu disegerakan baginya pengabulannya, disimpan baginya di akhirat, atau dihindarkan darinya keburukan yang semisal dengannya.” (Shahih Al Adabul Mufrad no. 547, dari sahabat Abu Sa’id Al Khudri )

Ibnu Hajar Al Asqalani berkata: “Setiap orang yang berdo’a akan dikabulkan, hanya saja pengabulan itu berbeda-beda. Terkadang dikabulkan sesuai dengan permintaan, terkadang pula diganti dengan sesuatu yang lain.

Anda mungkin sudah sering membaca hadist tersebut dan anda merasa itu hanya untuk menyenangkan orang-orang yang do'anya tidak dikabulkan. Andai cara anda berdo'a sudah benar, dzikir terlebih dulu dalam waktu tertentu, sudah shalat hajat dan seluruh rukun syarat do'a telah dipenuhi akan tetapi do'a anda belum dikabulkan Allah, maka saya ingin mengajak anda melihat dari sudut pandang lain.

Allah pasti mengabulkan do'a untuk sesuatu yang kita perlukan dan Dia belum tentu mengabulkan do'a untuk sesuatu yang kita inginkan. Memerlukan dengan menginginkan adalah dua hal yang berbeda.

Misalnya anda menginginkan sebuah mobil kemudian anda berdo'a kepada Allah, namun sekian lama berdoa Allah belum memberikan anda mobil jangankan yang baru yang bekas pakai pun tidak diberikan Allah.

Ada apa? Coba dengan jujur tanyakan pada diri anda, apakah anda memang benar-benar memerlukan mobil atau hanya ingin kedudukan lebih tinggi dari tetangga yang hanya memiliki sepeda motor atau hanya sekedar ingin merasakan bagaimana enaknya memiliki sebuah mobil.

Coba anda renungkan dalam-dalam, andai Allah memberikan sebuah mobil, apakah anda siap dengan kebutuhan bensin dan biaya perawatan mobil dan apakah keuangan anda saat ini benar-benar bisa mengatasinya? Apakah anda sudah menghitung uang yang akan anda keluarkan jika anda benar-benar memiliki mobil?

Berdo'alah yang jelas..

Penyebab lain kenapa do'a tidak dikabulkan karena do'anya tidak jelas. Contohnya, “Ya Allah mudahkanlah rezeki bagiku..” Kira-kira semudah apa rezeki yang anda inginkan?
  • Sebelum meminta sudah di kabulkan
  • Berusaha sedikit tapi hasilnya banyak
  • Allah mengarahkan anda kepada sumber rezeki
  • Allah memberikan anda semangat sehingga walaupun gagal tetap berusaha

Dari 4 point sederhana tersebut, kira-kira jenis “mudah” seperti apa yang anda inginkan, kalau point pertama itu jelas hanya dimiliki oleh para kekasih Allah yang sebelum mereka meminta Allah sudah menyiapkan segalanya. Jadi, do'a anda harus lebih jelas dan detail agar Allah mengabulkan dengan jelas dan detail.

Contoh do'a lain, “Ya Allah, berikanlah aku kekayaan..” ini juga tergolong do'a yang tidak jelas yang membuat para malaikat bingung untuk mengirim kekayaan kepada anda (bercanda). Kaya seperti apa yang anda inginkan, apakah kaya hati atau kaya materi? OK! Anda memilih kaya materi, kaya seperti apa? Kalau anda hidup di desa dibalik desa yang jauh dari kota, memiliki sepeda motor dan punya rumah sederhana sudah dianggap kaya tapi kalau anda hidup dikota, dengan hanya punya sepeda motor anda akan tergolong orang biasa-biasa aja. Buat jenis kekayaan yang anda inginkan kemudian barulah anda meminta kepada Allah.

Do'a yang baik adalah keinginan dari lubuk hati yang paling dalam dan anda bukan sekedar menginginkan tapi juga memerlukannya. Buatlah alasan keperluan anda ada hubungannya dengan Ketuhanan, misalnya Anda memerlukan sebuah kendaraan yang akan memudahkan anda dakwah atau memudahkan anda untuk berkarya dalam mengagungkan nama-Nya. Paling tidak tujuan anda memohon agar diberikan kendaraan agar keluarga anda bisa bersyukur atas nikmat dan karunia Allah.

DO'A PASTI DIKABULKAN!

Guru Sufi memberikan Nasehat,,,,
“Yakinlah engkau akan hasil PASTI tiap-tiap usaha spiritual (Doa, Shalat, Dzikir dll) akan tetapi engkau harus memiliki kesabaran untuk menantikan hasil-hasilnya”. Allah pasti mengabulkan do'a yang anda panjatkan, iringi dengan zikir dalam waktu tertentu, ditambah dengan puasa dan dilakukan secara terus menerus niscaya Allah akan mengabulkan do'a anda.

Saya selalu membayangkan rahmat Allah berupa apapun baik materi maupun non materi seperti air PDAM yang terus menerus mengalir kerumah kita. Kapanpun kran dibuka maka air tersebut akan mengalir kepada kita. Selama kran ditutup maka air yang seharusnya memang mengalir mengikuti hukumnya tidak akan mengalir sama sekali. Tanpa sadar seringkali kita menutup diri dengan Allah sehingga rahmat dan karunia Allah yang setiap saat menunggu di depan pintu ikut tertutup. Bukalah penutup itu dengan do'a, dzikir, shalat hajat dan ikhtiar agar semua karunia itu bisa mengalir kepada anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar